Rabu, 31 Mei 2017

Manfaat Daun Korejat Untuk Kesehatan

DAUN KOREJAT
=============>
Daun korejat sering dianggap sebagai daun yang berasal dari tanaman gulma karena lebih banyak ditemukan di sekitar sungai dan sawah yang suhunya lembab. Jika diteliti lebih lanjut, bagian dari tanaman korejat punya banyak manfaat untuk kesehatan di antaranya daun korejat sendiri banayak mengandung protein yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan selain itu daun korejat juga memiliki khasiat serta manfaat yag sama dengan Titan Gel yaitu di samping mampu menyehatkan tubuh juga mampu memperkasa stamina organ vitalitas dengan maksimal, mulai dari bunganya sampai dengan daunnya. Tanaman ini sejenis tanaman semak yang memiliki banyak nama di beberapa daerah tertentu. Orang Jawa sendiri menamai tanaman unik ini dengan sangkobak.

 Korejat juga memiliki bunga tunggal yang berdiri tegak berwarna putih cerah dan pada mahkotanya membentuk seperti bintang. Ini alasan sebagian orang menyebut Isotoma longiflora sebagai tanaman bunga bintang.
Korejat memiliki beberapa kandungan senyawa alkaloid seperti lobiline, lobelamine dan isotamine. Adapun kandungan senyawa alkaloid yaitu senyawa basa bernitrogen seperti halnya oksigen atupun nitrogen, efeknya tumbuhan ini memiliki rasa pahit, getir saat kita merasakanya menggunakan lidah.
Senyawa lobelin adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam alkaloid, yang berguna sebagai pelarut dalam berbagai macam zat kimia. Sedangkan senyawa isotamine berfungsi untuk menghentikan perkembangan bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.

Sebelum kita mengulas lebih lanjut tentang khasiat tumbuhan korejat untu mata minus terlebih dahulu kita kenali lebih dekat mengenai keberadaan tanaman yang satu ini. Berikut ulasan singkatnya.

Korejat merupakan jenis tanaman semak yang memiliki nama ilmiah Isotoma longiflora. Beberapa daerah memiliki nama yang berbeda beda untuk tumbuhan ini seperti Ki Tolod, daun Tolod di daerah Sunda, sedangkan kebanyakan orang jawa menyebutnya dengan nama sangkobak. Di daerah lain ada yang menyebutnya kendali.

kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.
===============================>

1. Baik untuk mata

Khasiat daun korejat yang cukup penting yaitu ampuh dalam menyehatkan mata Anda. Daun ini mengandung beberapa jenis senyawa yang bisa Anda jadikan sumber nutrisi untuk mata yang sehat dan juga jernih.

2. Obat sakit gigi

Khasiat daun korejat untuk kesehatan gigi yaitu membantu meredakan sakit gigi ketika menyerang gigi Anda. Daun ini akan menghilangkan rasa nyeri pada gigi secara perlahan sehingga tidak merusak struktir gigi.

3. Obat radang tenggorokan

Khasiat daun korejat bisa Anda jadikan obat yang baik untuk meredakan radang di tenggorokan. Radang pada saluran antara mulut dan lambung ini memang lebih sering mengalami bengkak karena menjadi saluran penghubung pencernaan yang sering dilewati oleh makanan.

4. Membantu penyembuhan luka

Manfaat daun korejat untuk kulit yaitu membantu penyembuhan pada kulit yang terluka. Kelebihan daun yang satu ini adalah dapat dijadikan obat luar yang mempercepat pemulihan dan pengeringan kulit yang terluka.

5. Mencegah radikal bebas

Cegah radikal bebas mulai dari sekarang menggunakan daun korejat. Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam daun ini akan membuat Anda terbebas dari efek buruk yang diakibatkan oleh radikal bebas.

6. Baik untuk kesehatan pernapasan

Pernapasan yang sehat akan membuat organ pernapasan Anda lebih sehat pula dan berfungsi maksimal. Untuk itu, Anda bisa mencoba daun korejat agar pernapasan Anda lebih lega dan terhindar dari penyakit.

Manfaat dari tanaman ini juga dapat menyembuhkan asma, bronchitis dan radang tenggorokan, dengan cara 3 lembar bunga dicuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas air, biarkan dingin lalu diminum. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, pagi dan sore.

Bunga korejat juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit gigi, yaitu dengan cara petik 2 lembar bunga korejat dicuci hingga bersih dan ditumbuk halus, kemudian ditempelkan pada gigi yang sakit.

Manfaat dan Khasiat Daun Korejat Lainnya:

    Obat tetes mata
    Mencegah penyakit rabun
    Meningkatkan penglihatan
    Anti bakteri alami
    Mengatasi gangguan pernapasan

Namun menurut para peneliti dan pakar tumbuhan berpendapat, walaupun memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia, tumbuhan ini tidak baik jika sering dikonsumsi, karena memiliki zat beracun yang berlebih. Sehingga dapat menyebabkan hal yang tidak baik bagi pengkonsumsi bunga korejat itu sendiri.
Saat ini umumnya masyarakat masih memanfaatkan tumbuhan ini sebagai penganti obat tetes mata, karena dipercayai bisa menyembuhkan penyakit mata yang cukup berbahaya, salah satunya katarak. Selain menjadi obat tetes mata ternyata tumbuhan satu ini memiliki manfaat yang tidak kalah dengan tumbuhan lain, yaitu sebagai obat luka, diabetes dan bahkan asma.

Bentuk daun korejat mirip seperti daun lidah buaya, berukuran panjang dengan banyak duri di bagian pinggirnya. Anda akan dengan mudah menemukan tanaman korejat karena ciri khas dari tanaman ini yaitu memiliki bunga cantil berukuran kecil dan berwarna putih tulang. Setiap tangkai tanaman korejat yang dipenuhi dengan daun pasti akan terdapat bunga yang cantik tersebut. Tidak hanya kecantikan semata, bagian daun dari tanaman ini berkhasiat untuk kesehatan Anda.

Tanaman korejat merupakan keluarga dari Campanulaceae, berasal dari Hindia Barat. Adapun ciri ciri dari tumbuhan ini adalah memiliki daun yang berwarna Hijau Tua dan bergerigi pada bagian ujung ujungnya. Biasanya memiliki ukuran panjang 5 sampai 17 cm dengan lebar daun 2 sampai 3 cm.Tanaman korejat biasanya juga mengeluarkan bunga tunggal berwarna putih dengan bentuk mahkota menyerupai bintang. Inilah sebabnya banyak orang menyebut bunga tanaman ini dengan nama bunga bintang.

Tanaman korejat memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat diantaranya yaitu senyawa alkaloid seperti lobelamine, lobiline, dan isotamine. Kandungan Senyawa alkaloid merupakan senyawa basa bernitrogen seperti halnya nitrogen dan oksigen. Jika kita mengunyahnya, korejat akan memberikan rasa pahit serta getir.

Daun korejat sendiri sebenarnya telah lama di manfaatkan sebagai obat herbal untuk penyembuhan beberapa penyakit. Daunnya bisa diolah menjadi obat seperti obat sakit gigi, bronchitis, asma, radang tenggorokan, dan sebagainya. Sedangan bunga korejat biasa dipakai orang sebagai obat mata minus alami, obat rabun, katarak, serta obat mata plus. Adapun daerah yang biasa menggunakan pengobatan mata alami menggunakan bunga korejat secara turun temurun hingga sekarang adalah masyarakat di daerah sunda.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI